Langsung ke konten utama

Apa dan bagaimana SQL yog


SQLyog adalah aplikasi client MySQL yang sangat populer digunakan di Indonesia.
Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna melakukan administrasi maupun melakukan pengolahan data MySQL.
Versi aplikasi ini ada yang gratis dan open source dan ada yang berbayar. Versi open source dari SQLyog ini dapat diunduh disini. SQLyog merupakan salah satu tools yang bisa digunakan. Terdapat beberapa versi yang bisa i download, dari mulai trial, eterpraise, ato comunity. Sebagai pencinta gratisan, aku lebih memilih yang versi comunity karena bisa gratis di download.
Sama halnya dengan tols-tols yang sejenisnya, SQLyog ini dirancang untuk memudahkan pengguna mysql untuk megelola table dan record-record yang ada di dalam database mysql. Dengan kelebihan GUI, pembuatan sebuah database dan table cukup dengan click-click.
Mari kita sejenak melihat beberapa tampilan yang di ambil dari situs SQLyog :
sd_canvasrightclickmenu1
sd_columnnamesonly1
sd_addtables
Cara acces SQLyog Bagi yang belum pernah menggunakan SQLyog, saya akan sediakan sedikit tutorial untuk mengakses database anda dengan menggunakan perisian ini.
Download SQLyog
1.Install macam biasa sampai siap.
2.Pastikan telah start wampserver.Launch SQLyog.
3.Klik butang new dan klik ok
.
4.buat macam gambar dibawah ini kecuali port biarkan default.

5.Klik Connect
6.Senarai database (highlight kuning adalh senarai database dlm localhost saya)

7.Setiap kali selepas ini menggunakan SQLyog,rakan² hanya perlu klik Connect sahaja.
Pengganti sql yog di linux

Bagi yang senang bekecimpung didunia database, pasti tidak asing lagi dengan software yang bernama SQLYog (terutama pengguna Windows). Pengguna linux sedikit kesulitan untuk mendapatkan aplikasi yang sepadan dengan SQLYog. Tapi tak perlu cemas dan resah bagi pengguna linux yang juga berkecimpung didunia database. Ada sebuah aplikasi yang hampir mirip dengan SQLYog yang bisa digunakan diLinux, namanya MySQL Query Browser. Desainnya simple dan mudah dipahami untuk seseorang yang masih pertama kali memakai aplikasi ini.
Untuk proses instalasinya silahakn search di Software Center dengan keyword “Mysql query browser“. Setelah itu klik install.Dengan kemudahan penggunaan utilitas SQLyog ini dan sifatnya yang free open source, maka penulis akan banyak menggunakan utilitas ini dalam menyajikan contoh-contoh tutorial MySQL. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

sumber : http://saturnussoftware.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

T-Code (SAP)

Sebuah kode transaksi (atau t-code ) terdiri dari huruf, angka, atau keduanya, dan dimasukkan di bidang perintah di bagian atas layar SAP. Setiap fungsi dalam SAP ERP memiliki sebuah kode transaksi SAP .

Cara Membuat Format Nomor Halaman Yang Berbeda Dalam Dokumen Yang Sama

Baiklah berikut langkah-langkah membuatnya agar dalam satu dokumen bisa dibuat sekaligus walaupun format penomorannya berbeda-beda.