Langsung ke konten utama

Developer Sharepoint

Jika melihat dari fungsi dan peran serta aplikasi yang sudah ada di sharepoint saat ini tentunya kita melihat bahwa hampir semua-nya sudah ada, kecuali yang sharepoint foundation. Sehingga akan timbul sebuah pertanyaan dimana letak developer di dalam sharepoint ini, karena hampir semua-nya sudah tersedia. Saya ambil contoh adalah ketika sharepoint diterapkan di HRD department yang menyimpan semua informasi karyawan si perusahaan tersebut, sampai disitu jika kebutuhannya hanya menyimpan data saja maka fungsi sharepoint sudah cukup memadai. Akan tetapi ketika orang HRD meminta kita untuk menghubungkan data karyawan dengan core business yang sudah ada saat ini seperti SAP atau aplikasi lainnya, disini baru peran seorang developer bekerja.

Untuk membagi tugas dan sampai dimana peran seorang developer sharepoint berdasarkan pengalaman saya di lapangan fungsi-nya akan dibagi dalam 3 layer.

a. Applications
b. Customization
c. Application development

Di level applications maksudnya adalah menggunakan aplikasi standar yang sudah ada dalam sharepoint, berarti untuk kondisi seperti ini memanfaatkan kondisi aplikasi default / standard dari sharepoint. Untuk itu yang dibutuhkan sebenarnya hanya end user saja.

Di level Customization maksudnya adalah dengan kondisi standar yang ada di sharepoint tentunya ada beberapa perubahan-perubahan yang tidak terlalu banyak seperti tampilan atau lainnya. Akan tetapi pekerjaan ini membutuhkan skill developer juga misalkan mengubah master pages dan css file, peran ini akan diisi oleh Developer atau Power User.

Di level Application Development di dalam layer ini atau level ini, fungsi seorang developer sangat utama karena hampir semua-nya butuh pengembangan. Butuh seorang developer sharepoint yang bisa melakukan pengembangan sharepoint sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan oleh sebuah organisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

T-Code (SAP)

Sebuah kode transaksi (atau t-code ) terdiri dari huruf, angka, atau keduanya, dan dimasukkan di bidang perintah di bagian atas layar SAP. Setiap fungsi dalam SAP ERP memiliki sebuah kode transaksi SAP .

Cara Membuat Format Nomor Halaman Yang Berbeda Dalam Dokumen Yang Sama

Baiklah berikut langkah-langkah membuatnya agar dalam satu dokumen bisa dibuat sekaligus walaupun format penomorannya berbeda-beda.